Jumat, 06 Maret 2015

Berita bola : Pentingnya Stadion dalam Pengelolaan Klub Sepakbola

Berita bola : Pentingnya Stadion dalam Pengelolaan Klub Sepakbola

sumber berita Pentingnya Stadion dalam Pengelolaan Klub Sepakbola : detik.com
Stadion merupakan salah satu aspek infrastruktur yang termasuk dalam lima kriteria dasar Club Licensing Regulations (LCR), yang wajib dipenuhi sebuah tim sepakbola untuk mengikuti kompetisi nasional atau kontinental.

Standar stadion menurut CLR

Secara umum, pada kriteria infrastruktur ini, kesebelasan diharapkan memiliki stadion yang aman dan dilengkapi dengan kelengkapan yang baik, untuk mengakomodasi penonton serta pers dan juga media.

Kriteria infrastruktur termasuk sarana pelatihan yang memadai bagi pemain. Ini dianggap sebagai investasi jangka panjang dengan manfaat bagi fans yang tertarik pada stadion yang aman, mudah diakses, dan dilengkapi dengan kelengkapan yang menjanjikan pengalaman matchday yang menghibur.

Di dalam CLR, terdapat 3 nilai atau grade untuk menentukan standar stadion. Pada intinya, standar minimal sangat tercermin jelas pada pernyataan di dalam artikel 7.3 seperti berikut ini:

“Setiap kesebelasan bersama dengan pemilik stadion dan komunitas lokal harus membuat stadion menarik untuk dikunjungi, aman, nyaman, mudah diakses kendaraan (termasuk fasilitas parkir) dan/atau transportasi publik, memiliki tempat duduk yang nyaman dan pandangan yang jelas ke lapangan, fasilitas toko yang bersih, toilet yang higienis dan mencukupi untuk pria maupun wanita, memiliki instalasi komunikasi (loudspeakers dan layar video), dan terakhir, lapangan yang baik.”

Pada artikel tersebut juga dijelaskan keuntungan jelas ketika kesebelasan sudah memenuhi standar kriteria, maka kesebelasan akan memiliki jumlah penonton yang banyak di atas lapangan.

Sementara untuk standar yang paling lengkap, FIFA juga telah mencantumkannya dalam dokumen “Football Stadiums: Technical recommendations and requirements” yang lengkap berisi standar-standar seperti pra-konstruksi, keamanan, orientasi dan parkir, area pertandingan, pemain dan ofisial pertadingan, penonton, hospitality, media, pencahayaan dan sumber listrik, serta area komunikasi dan tambahan.

Manajemen stadion

Dalam ilmu manajemen, inti dari pemasaran adalah penjualan. Jika kita mengaplikasikannya di sepakbola melalui stadion, kesebelasan mendapatkan uang dengan menjual event, dalam hal ini adalah pertandingan.
Silahkan Baca juga rahasia punya anak . Nuwun karna Anda sudah berkunjung di Pentingnya Stadion dalam Pengelolaan Klub Sepakbola

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar